Parfum dan Memori

Setu Babakan 25 Agustus 2013 11.33 PM

Sering saat mencium wangi sesuatu secara tidak langsung otak akan me-link an dengan suatu peristiwa atau seseorang di suatu masa di waktu yang lalu. Hal kaya gini nih kata ilmuwan emang wajar, soalnya di bagian otak kita ada yang namanya sistem limbik yaitu sistem yang mengatur kenangan dan perasaan. Jadi masih kata ilmuwan nih ya.. ada hubungan yang erat antara reseptor penciuman dengan sistem limbik. Hubungan yang harmonis ini menyebabkan orang bisa dengan mudah mengingat kapan pertama kali mencium wangi tertentu, serta mengingat apa yang pernah dirasakan pada saat itu.
Saat parfum berasa jadi mesin waktu, memutar kenangan ke satu titik dimana saya pernah berada disana, seolah-olah wangi itu hanya milik moment itu atau seseorang itu saja. Tapi hal kaya gini jadi nyiksa banget kalau moment atau orang itu bener-bener bukan sesuatu yang pengen kita ingat. Saat saya mencium wangi tertentu ada dua yang yang bisa saya pastikan. Pertama senyum bisa mengembang kedua air mata meluruh, dan soal hati saya benar-benar ngga bisa milih kenangan seperti apa yang akan membayang di pelupuk mata. 

Mudah-mudahan.. wangi yang aku hirup beberapa hari ini hanya akan menyisakan senyum manis yang terkembang di masa yang akan datang.. Aamiin..

0 komentar:

Post a Comment