Sekian (Untuk Tragedi) Hari Ini

Setu Babakan, 4 Sept 2013 11.16 PM
Hari ini gue ngangkot. Bukan hal yang aneh sih sebenarnya mengingat dari dulu gue emang hobi ngangkot, cuma karena udah lumayan lama bawa motor mulu , ngangkot hari ini udah kaya bernostalgia. 
Jadi motor gue sore tadi dibawa sama si cepot terus karena gue juga udah cape dari pagi udah menuju sunter terus balik lagi ke srengseng dalam keadaan setengah emosi, akhirnya pas temen ngajak kumpul di PGC abis ashar gue mutusin buat berangkat (lagi) naik kopaja. Setidaknya selain gue ngga perlu cape nyetir dan fokus ke jalan terus, gue jadi tahu kalau sekarang tarif kopaja udah naik jadi 3000 rupiah mau jauh ataupun deket. Haseeekk...
Thanks God.. Kopajanya kosong. Gue langsung duduk di bangku nomer dua dari depan deket pintu. Seneng deh sampai turun di kalibata duduk sendirian. Jarang-jarang kan? Sampai di kalibata gue naik 57. Kurang beruntung berdiri sampai depan PGC. hahay..
Abis ngobrol-ngobrol sama temen jam 7 malam, kami memutuskan pulang. dan gue naik kopaja lagi.. (dulu ada yang bisa langsung di calling buat jemput haha  #Abaikan!) 
Pas di Pasar Minggu, gue baru ketemu kopaja 616. Satu-satunya kendaraan umum dari pasar minggu yang lewat depan gang kontrakan gue. Sebenarnya tuh Kopaja harusnya udah bisa gue temuin dari depan makam kalibata tapi karena ulah supir yang pada engga mau rugi, Kopaja yang berangkat dari Cipedak udah sore biasanya langsung putar balik di Pasar Minggu, engga ke Blok M yang sebenernya terminal tujuan akhir. Jadi deh harusnya gue cuma ngangkot dua kali tapi malah jadi tiga kali. engga apa-apa wis..
Ketemu kopaja 616 gue duduk dibangku yang untuk dua orang dideket pintu belakang. Gue senderkan dagu dikisi kaca jendela terus sibuk mengamati orang-orang yang berlalu lalang. Ada ibu sama dua orang anaknya yang engga pake sendal, ada pedagang asongan yang sempat nawarin gue dagangannya namun gue balas dengan gelengan kepala, ada anak muda yang berumur sekita 17 tahun udah merokok dengan cueknya, ada bapak-bapak yang berjalan dengan kaki terseok terus ada juga tukang tahu gejrot. Gue iseng mikir biasanya nih ya kalau pulang jam segitu ada pengamen yang bawa-bawa gitar, muka sama suaranya oke banget :P tapi tadi engga keliatan mungkin takut kali ya sama satpol PP yang kendaraannya berjejer sepanjang jalan di Pasar Minggu. Terlalu fokus ngeliat mereka gue engga sadar, ternyata di samping gue udah ada cowok duduk. Dan tragedi itu dimulai..
Kopaja mulai jalan, semula engga ada yang aneh sampai kopaja berhenti setelah terowongan pasar minggu ada kopaja 616 yang mogok. Semua penumpangnya pindah ke kopaja yang gue naiki. Langsung Full. Kopaja jalan lagi, melewati lampu merah yang dideket perlintasan kereta, gue masih sibuk melempar pandangan ke luar jendela masih sempet ngeliat ada tulisan "Jual batrei HP dari 10.000 sampai 185.000" didepan pom bensin. Nah pas sampai di deket kampus gue, perasaan gue udah mulai engga enak. gue ngerasa ko sebelah kanan gue berasa tambah berat ya? jangan-jangan... cowok di samping gue tidur lagi. Otak gue berspekulasi, mau nengok engga berani. gue cuma bisa waspada. lama-lama.. berasa di pundak ada yang terantuk-antuk. Tuh kan.. bener.  cowok disamping gue tidur. TIDUR SAUDARA-SAUDARA dengan kepala yang nyundul-nyundul pundak gue. Asli. Engga Nyaman. RISIH, rasanya pengen gue singkirin tuh kepala tapi gue engga punya nyali. Jangankan nyingkirin ngomong aja gue engga berani. Payah banget. Gue yakin oarng-orang bisa ngeliat muka gue yang "Mpet" banget. Gue bisa apa? gue engga berani ngomong! ENGGA BERANI. hiks..hiks..
Seharusnya gue bilang sama tuh cowok kalau gue engga suka kepala dia nyerempet-nyerempet pundak gue, gitu kan? atau seharusnya gue langsung diri aja terus pindah posisi, ya engga sih?Ah elah... gue benci diri gue sendiri yang engga bisa mengambil "action". Gue benci sama diri gue yang ngga bisa "vokal". Merutuk terus tuh dalam hati sambil berdoa semoga kopajanya berguncang sehebat-hebatnya biar dia bangun. Tapi dasar, cowok itu kebo banget kayaknya, buktinya suara pak kenet yang melengking kaya petasan engga bisa bikin dia "sadar".  Gue narik napas panjang mulai jengah. Ayo Santi.. teriak gue dalam hati. Gue geser. lebih merapat ke jendela. Kepala gue sengaja miringin lebih ke jendela, pundak gue turunin biar engga nyentuh tuh pala. Gagal. Masih kena. Engga sabar, gue gerak agak kenceng. manusia itu gerak, gue condongin ke depan. Pasang muka Bete dan Berhasil.. cowok itu bangun tapi langsung tidur lagi -_____-  tapi udah engga nyenggol-nyenggol pundak gue, dia bener-bener bangun pas deket-deket tempat dia turun (sambil tidur ngeliat GPS kali ya tuh orang tau banget kalau udah mau turun)
Gue bernapas lega. Akhirnyaaa... bebas! dan hikmahnya gue jadi mikir jangan-jangan kalau gue tidur di kendaraan, suka kaya tuh cowok lagi.. kepala gue nyender-nyender juga ke pundak orang yang disamping gue. Maap-maap deh.. engga lagi-lagi kalau engga khilap-khilap banget :P
Banyak banget deh hikmahnya gue naik kopaja hari ini, gue jadi melihat lebih banyak, mengamati lebih baik. Gue juga jadi "ngeh" kalau Stasiun Pasar Minggu jadi lebih bersih, lebih tertata dan KRL-nya bisa langsung keliatan dari jalan raya. hihi..

0 komentar:

Post a Comment