17 Agustus dan tahun-tahun lalu yang lepas

saya yang tengah * Eh penting ya?? hihi
Setu Babakan, 17 Agustus 2013


"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-68 saya mencintaimu apa adanya" ini tweet pertama saya hari ini. Indonesia, negara dimana saya pertama kali menghirup napas dan mungkin terakhir kali menghembuskan napas. Saya sadar saya bukan warga negara yang baik. saya tidak bisa memberikan kontribusi yang banyak buat negeri ini. saya ngga pernah ngapa-ngapain buat Indonesia. saya selalu menyusahkannya lagi dan lagi..
Tujuhbelasan tahun ini ngga ada yang spesial. Hari ini saya cuma sibuk nyetrika baju ( ini salah satu bakti pada negeri bukan ya? :p). Karena ngga ada yang spesial makanya saya nulis blog ini saya pengen mengenang tujuhbelasan tahun-tahun lalu yang lepas. 
Pas saya MI saya selalu ikut karnaval di sekolah, walaupun sampai kelas 4 saya cuma disuruh pake baju pramuka sambil bawa tongkat dari bambu kecil yang ujungnya ada bendera merah putihnya. Nah dalam rangka untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI seperti pada umumnya sekolah saya juga mengadakan lomba. Saya cuma sekali ikut soalnya saya kalah tenar dibanding teman-teman saya (padahal emang ngga pernah mau :P ) satu-satunya lomba yang pernah saya ikuti yaitu lomba menggiring balon dan ngga MENANG. Saya ngga semangat banget waktu itu (balonnya genit banget sih lari-lari kesana kemari) jadi pas udah nggiring mpe tengah saya berenti. teman-teman saya yang mendukung didepan garis finish menatap saya sedih. hahaha...
Masuk ke masa SMP saya lebih beruntung. Saya ikut jadi anggota Marching Band (bener ga si kaya gini tulisannya?) saya megang Balera. Jadi saya ngga pernah jadi yang aneh-aneh pas karnaval (Thanks God) tapi karena sekolah saya jadi tuan rumah peyelenggara upacara tujuhbelasan se kelurahan ya tiap hari jadi panas-panasan buat latihan.. ngga apa-apa wis.. bakti pada negeri. *benerin topi*
Masa SMA begitu menyedihkan.. ngga ada yang saya lakukan selain ikut upacara tujuhbelasan di Sekolah dan bikin bunga-bunga an dari kertas kreps buat menghias kendaraan karnaval sekolah, mengingat tubuh saya terlalu "mungil" untuk jadi anggota paskibra dan saya juga kalah pamor dibandingkan teman-teman ya.. saya terima dengan hati lapang semua kegiatan ituuh! biar sedikit nelangsa tapi ngga apa-apa lah pengorbanan itu kebayar soalnya sekolah saya menang terus lomba menghias kendaraan karnavalnya, langganan juara satu se kabupaten Brebes *prokprok* lagi-lagi BAKTI PADA NEGERI. Tapii tunggu! saya pernah ikut lomba tarik tambang pas SMA, waktu itu saya kelas dua , kelas saya juara 2 *Horeeeeee* Dapet hadiah Bo.. jingkrak-jingkrak pas nerima tapi pas dibuka taraaaaa jeng jeng jeng ternyata isinya celana kolor .. hahahaha.. 
Pas kuliah.. saya jadi penitia ospek. Nah Lho terus apa hubungannya dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI? ya Ospeknya dilaksanain pas bulan Agustus jadi ya suasanya masih merah putih gitu so.. pas saya jadi panitia , Ospeknya ada lomba-lombanya juga. gitu.. (aneh banget ya nanya sendiri dijjawab sendiri ) 
dan sekarang saya udah kerja. perayaaan kemerdekaan RI cuma nyetrika baju.. sedih.. sedihnya nambah lagi pas liat " Happy Bday Indonesia" jadi No.1 TTWW. Lha terus kenapa kamu sedih San? iya lah kenapa harus Happy Bday? kenapa engga selamat ulang tahun?  kenapa engga Dirgahayu HUT RI yang ke 68? mungkin engga masalah bagi sebagian orang tapi buat saya ini sensitif banget.. menurut saya karena yang ulang tahun Indonesia ya bahasanya harus bahasa Indonesia. gitu ngga sih?  *tanyakan pada rumput yang bergoyang*
dan daripada kita mencemooh atau merasa malu dengan keadaan bangsa ini yang masih berkembang2 aja dari dulu sampai sekarang alangkah baiknya jika kita menyisipkan doa untuk Indonesia, Negeri elok yang amat ku cinta semoga mampu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Aamiin...  semua itu cuma bisa dilaksanakan kalau kita bekerja bersama-sama untuk kepertingan bersama.. sekali lagi Dirgahayu Kemerdekaan RI yang ke-68 , saya mencintaimu apa adanya *kepada sang saka merah putih hormaaaaaaat graaaaakkkk * 



1 komentar:

Anonymous said...

itu kalimat2 terakhir bknnya tercantum dlm pembukaan UUD '45 ya?? Bersyukurlah, aku tidak tahu soal Happy Bday Indonesia jd No.1 TTWW, krn timeline FB+twitterku pake bhs Indonesia. Yah, mungkin tmn2ku itu cinta bahasa tanah air. Setuju dg komentar santi soal Bhs org sono yg dipake itu. Tahun ini aku ga merasakan 17agustusan. Sama sekali. Tidak ada suara org2 yg berlomba ataupun apapun. Yah, kecuali saat aku berpanas2an nungguin adekku selesai upacara hampir 2jam di depan gerbang sekolahnya. Parahnya lg aku justru tdk byk mengenang ttg peringatan ini di masa lalu. Aku sibuk berkutat dg kebutuhan mamaku di RS. Sedikitnya malah ketemu artis2 di lobby. Hhe... Ternyata 17 agustus kita sama2 kelabu ya, andai saja kejeruk gtu. Hha... Mungkin kesibukan ini yg kadang melunturkan nasionalisme seseorang. Berdoa yg terbaik saja u/ negeri nan elok+makmur ini. Amin...

Post a Comment